Cara Merawat Laptop

Tips praktis merawat laptop ini mungkin patut di baca bagi anda para pengguna laptop. Apalagi yang memang kesehariannya menggunakan laptop.
Banyak sekali para pengguna laptop khususnya para pengguna yang masih awam, menganggap laptop hanya sebagai sebuah barang elektronik yang mudah dibawa kemana saja, tanpa menyadari dan memeriksa kondisi "kesehatan" laptop tersebut.
 
Pada kesempatan kali ini, kita akan coba untuk membahas Tips praktis merawat laptop secara umum yang dapat anda terapkan untuk melakukan perawatan pada laptop anda.
 
Waktu Efektif Pemakaian Laptop
 
Apabila kita melihat secara sekilas fungsi antara laptop dan PC, mereka berdua memang tidak jauh berbeda. Tapi, kalau kita lihat lebih spesifik, ada sesuatu yang berbeda antara laptop dan PC.
 
PC memang di design untuk masa pemakaian berjam-jam, bahkan berhari-hari. Tapi, laptop tidak seperti itu alias berbeda.
 
PC memiliki design CPU yang jauh lebih besar daripada laptop. Dengan kata lain, volume sirkulasi udara yang masuk ke dalam CPU jelas lebih banyak. Kipas yang ada di dalam CPU, dan juga sirkulasi udara dari luar yang masuk ke dalam CPU sangat membantu stabilitas suhu CPU. Hardware yang ada di dalam CPU tidak akan begitu panas suhunya walaupun dipakai berjam-jam. Paling tidak panas suhunya tidak seperti panas pada laptop. Secara logika, apabila keadaan di dalam CPU terjaga, berarti kualitas dan masa awet suatu PC juga terjaga.
 
Hal ini jauh berbeda dengan laptop yang memiliki design CPU yang kecil dan juga sempit. Hal ini menjadikan sirkulasi udara berkurang. Hal ini akan menyebabkan laptop menjadi kurang efektif atau bahkan sering mengalami gagal operasi. Apalagi kalau laptop tersebut dipakai berjam-jam atau berhari-hari non-stop.
 
Oleh karena itu, pengguna laptop harus mengontrol waktu pemakaian laptop. Apabila anda memang berencana untuk menggunakan laptop untuk jangka waktu yang lama atau berjam-jam, setidaknya anda memberikan waktu sekitar 15-20 menit untuk laptop anda beristirahat. Baru setelah itu gunakan lagi.
 
Bila anda menggunakan laptop pada ruangan yang memiliki pengatur suhu (AC), pakailah laptop anda paling lama 7-8 jam. Kalau bukan dalam ruangan AC, pakailah 5-6 jam (non-stop). Jangan lupa, berikan laptop anda jeda untuk istirahat, setelah itu anda boleh gunakan kembali.
 
Hanya sebagai saran saja, apabila anda memiliki PC dan juga laptop, di sarankan anda menggunakan PC anda. Apalagi kalau memang anda berencana untuk melakukan pekerjaan anda berjam-jam.
 
Gunakan Perangkat Pendingin Untuk Laptop
 
Suhu yang tidak normal pada laptop, akan menyebabkan kerusakan fatal pada sejumlah bagian hardware laptop tersebut. Batasan suhu normal laptop adalah paling rendah 5 derajat Celcius dan paling tinggi 35 derajat Celcius. Menjaga kenormalan suhu laptop sangat penting.


Cooling Pad
 Maka oleh sebab itu anda membutuhkan perangkat pendingin laptop seperti cooling pad. Dan jangan lupa untuk selalu membersihkan ventilas-ventilasi sirkulasi udara yang ada di laptop anda. Supaya, ventilasinya tetap bersih dan bebas dari debu yang menghalang sirkulasi udara. Tidak sedikit ada kasus tentang laptop yang rusak bahkan meletak karena kondisi suhu laptop yang overheat (terlalu panas).

Jangan Meletakkan Beban Berat di Atas Laptop

Ini sangat penting. Tidak sedikit dari kita yang tanpa sadar meletakkan benda di atas laptop. Hal ini selain bisa menyebabkan rusak pada casing yang kemungkinan tergores, juga dapat membuat komponen elektronis di dalam laptop menjadi tertindih dan hal ini sangat berisiko.

Hindari Medan Magnet di Sekitar Laptop

Magnet dapat merusak komponen-komponen yang ada di laptop. Karena, memang komponen laptop terbuat dari besi. Khususnya pada harddisk. Hal ini dapat mengganggu kinerja harddisk anda.

Hindari juga benda-benda seperti, speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system), handphone, atau benda lainnya yang memiliki karakter serupa.

Bila anda akan menggunakan perangkat yang akan menghasilkan medan magnet pada laptop anda seperti, bluetooth ataupun infrared, dan anda ingin menghubungkannya dengan handphone anda, pastikan anda menjaga jaraknya kurang lebih 15 cm.

Hindari Meninggalkan Laptop di Mobil

Kenapa? Seandainya anda meninggalkannya pada saat siang hari, anda akan tahu sendiri betapa panasnya udara di dalam mobil. Dan juga ketika malam hari yang dingin. Anda harus ingat suhu minimal untuk laptop yang telah dijelaskan di atas.

Meninggalkan Laptop Untuk Jangka Waktu yang Lama

Apabila anda berencana tidak akan menggunakan laptop anda untuk jangka waktu yang lama, misalnya anda akan pergi berlibur, pastikan anda simpan laptop pada ruangan yang memiliki hawa sejuk dan kering. Oleskan cairan berupa silikon Gel pada badan laptop untuk menghindari munculnya jamur. Dan satu lagi yang sangat penting, cabut baterai laptop.

Ketika anda akan menggunakan kembali latop anda, sebaiknya baterai laptop yang tadi anda cabut dikosongkan. Setelah itu isi kembali hingga penuh. Lebih baik anda melakukan hal ini 3 kali berturut-turut.

Gunakan Stabilizer Arus Listrik

Apabila anda menggunakan laptop anda tanpa baterai, lebih baik anda menggunakan stabilizer atau UPS. Ini berfungsi untuk mencegah tegangan listrik yang tidak stabil ke dalam laptop anda.
Mematikan Laptop Dengan Benar



Perhatikan lampu indikator harddisk. Apabila lampu ini masih berkedap-kedip, itu brarti harddisk anda masih berjalan. Tunggu hingga selesai berkedap-kedip, setelah itu anda dapat menutup laptop anda.


Jangan Meletakkan Laptop Pada Permukaan Yang Empuk
Sebagai contoh, kasur. Karena hal ini akan menutup ventilasi udara laptop anda.


Merawat Engsel Monitor


Berhati-hati ketika menutup laptop anda. Tutup dengan perlahan. Jangan di hentakkan. Dan hindari juga meletakkan benda-benda di sekitar engsel seperti, pena, pensil, dll.


Engsel Monitor
Jangan Membongkar Laptop Tanpa Pengetahuan Yang Cukup



Hindari Meletakkan zat cair di Dekat Laptop
Gunakan Tas Khusus Ketika Membawa Laptop
Hindari Memindahkan Laptop Pada Saat Sedang Beroperasi


Hal ini dapat berakibat buruk pada harddisk laptop, apalagi kalau anda sering melakukan hal ini. Ketika anda memindahkan laptop pada saat laptop sedang beroperasi, maka bagian head (bagian pembaca data) pada harddisk akan menggores komponen cylinder-nya.


Ingat, harddisk bukanlah satu-satunya komponen yang sensitif. Maka oleh sebab itu, apabila anda ingin memindahkan laptop anda, akan lebih baik anda shut down/ hibernate sebentar, lalu nyalakan lagi.


Hati-Hati Dalam Men-Download
Jangan Meletakkan Laptop Pada Posisi Miring
Jangan Meletakkan benda Antara Keyboard dan Layar
Menyimpan Driver Hardware Laptop
Membuat Casing Tetap Cling
Membersihkan Kipas Pada Ventilasi


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: